Rabu, 03 November 2010

WANITA BERHIAS DI SALON KECANTIKAN & PRIA BERTATO

WANITA BERHIAS DI SALON KECANTIKAN&PRIA BERTATO
Agama Islam menentang kehidupan yang bersifat kesengsaraan dan menyiksa diri, sebagaimana yang telah dipraktekkan oleh sebagian dari pemeluk agama lain dan aliran tertentu. Agama Islam pun menganjurkan bagi ummatnya untuk selalu tampak indah dengan cara sederhana dan layak yang tidak berlebih-lebihan. Bahkan Islam menganjurkan di saat hendak mengerjakan ibadat, supaya berhias diri disamping menjaga kebersihan dan kesucian tempat maupun pakaian.
Allah swt. berfirman:
“Berpakailah pakaianmu yang indah pada setiap (memasuki) masjid.(Q.s.Al-A’raaf: 31)
Bila Islam sudah menetapkan hal-hal yang indah, baik bagi laki-laki maupun wanita maka terhadap wanita Islam lebih memberi perhatian dan kelonggaran karena fitrahnya sebagaimana dibolehkannya memakai kain sutera dan perhiasan emas dimana hal itu diharamkan bagi kaum laki-laki.
Adapun hal-hal yang dianggap oleh manusia baik tetapi membawa kerusakan dan perubahan pada tubuhnya dari yang telah diciptakan oleh Allah swt, dimana perubahan itu tidak layak bagi fitrah manusia tentu hal itu pengaruh dari perbuatan setan yang hendak memperdayakannya. Oleh karena itu perbuatan tersebut dilarang sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw.:
“Allah melaknati pembuatan tatto, yaitu menusukkan jarum ke kulit dengan warna yang berupa tulisan, gambar bunga, simbol-simbol dan sebagainya, mempertajam gigi, memendekkan atau menyambung rambut dengan rambut orang lain, (yang bersifat palsu, menipu dan sebagainya).” (Hadis shahih).
Sebagaimana riwayat Said bin Musayyab, salah seorang sahabat Nabi saw. ketika Muawiyah berada di Madinah setelah beliau berpidato: Tiba-tiba mengeluarkan segenggam rambut dan mengatakan, “Inilah rambut yang dinamakan Nabi saw. Azzur yang artinya atwashilah (penyambung) yang dipakai oleh wanita untuk menyambung rambutnya hal itulah yang dilarang oleh Rasulullah saw dan tentu hal itu adalah perbuatan orang-orang Yahudi. Bagaimana dengan Anda wahai para ulama, apakah kalian tidak melarang hal itu? Padahal aku telah mendengar sabda Nabi saw. yang artinya: Sesungguhnya terbinasanya orang-orang Israel itu karena para wanitanya memakai itu (rambut palsu) terus-menerus’.” (H.r. Bukhari).
Nabi saw. menamakan perbuatan itu sebagai suatu bentuk kepalsuan supaya tampak hikmah sebab dilarangnya hal itu bagi kaum wanita, dan karena hal itu juga merupakan sebagian
dari tipu muslihat. Bagi wanita yang menghias rambut atau lainnya di salon-salon kecantikan sedang yang menanganinya (karyawannya) adalah kaum laki-laki. Hal itu jelas dilarang karena bukan saja bertemu dengan laki-laki yang bukan muhrimnya tetapi lebih dari itu sudah pasti itu haram, walaupun dilakukan di rumah sendiri. Bagi wanita Muslimah yang tujuannya taat kepada agama dan Tuhannya sebaiknya berhias diri di rumahnya sendiri untuk suaminya, bukan di luar rumah atau di tengah jalan untuk orang lain. Yang demikian itu adalah tingkah laku kaum Yahudi yang menginginkan cara-cara modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar