Senin, 01 November 2010

20 Petunjuk Mencari Istri

Rasulullah SAW bersabda :
Perempuan dinikahi atas landasan Empat perkara yaitu: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Akan tetapi pilihlah berdasarkan agamanya agar dirimu selamat.” (H.R.Bukhari dan Muslim).

20 Petunjuk Mencari Istri
  1. Taat Beragama
  2. Dari Lingkungan yang Baik
  3. Perawan
  4. Penyabar
  5. Memikat Hati
  6. Amanah
  7. Tidak Bersolek Bila Keluar Rumah
  8. Kufu’ dalam Beragama
  9. Tidak Materialis
  10. Senang Menyambung Ikatan Kerabat
  11. Pandai Menyimpan Rahasia
  12. Subur
  13. Tabah Menderita
  14. Bukan Pencemburu Buta
  15. Perangai dan Kata-katanya Menyenangkan
  16. Mudah Dilamar
  17. Besar Cintanya
  18. Patuh dan Taat
  19. Hemat
  20. Besar Kasih Sayangnya kepada Anak Kecil
Laki-laki yang ingin menikahi seorang perempuan, hendaklah memperhatikan sifat ini pada diri calon istrinya. Jika ternyata calon istri memlilki sifat semacam ini, laki-laki tersebut sangat beruntung. Anak-anaknya kelak dapat dipastikan memperoleh asuhan, pemeliharaan, perlindungan dan bimbingan dari seseorang yang benar - benar bersedia berkorban demi anak-anaknya yang dicintainya. Ia tidak akan mengeluh saat mengasuh dan menghadapi kenakalan anak-anaknya. Ia menghadapi kenakalan anaknya dengan perasaan ringan dan penuh kesabaran, sehingga anak-anaknya berkembang dengan penuh kebebasan dan keceriaan di rumah dan di lingkungannya. Hal ini sangat membantu suami untuk mencurahkan pikiran dan tenaganya dalam memenuhi kebutuhan keluarga secara maksimal.

Untuk mengetahui seberapa jauh calon istri mempunyai kasih sayang kepada anak-anak dapat dilakukan pengamatan dan penyelidikan melalui cara-cara sebagai berikut :
  • Mengamati pergaulannya dengan anak-anak apakah ia sabar bergaul dengan anak-anak atau tidak.
  • Menanyakan kepada teman-teman dekatnya atau kepada kerabat dekatnya, atau kepada tetangga dekatnya atau kepada adik-adiknya apakah ia memiliki sifat tersebut atau tidak.
Karena anak-anak sangat membutuhkan ibu yang besar kasih sayangnya kepada mereka, setiap laki-laki yang hendak mengambil seorang perempuan sebagai istrinya hendaklah mengutamakan yang besar kasih sayangnya kepada anak kecil. Istri semacam ini besar harapan dapat mendampinginya untuk membina rumah tangga yang penuh dengan suasana gembira, ceria dan bahagia.
Rasulullah SAW bersabda dalam Hadits berikut :
“Sesungguhnya wanita yang terbaik di antara kamu ialah yang subur, besar cintanya, teguh memegang rahasia, tabah menderita, mengurus keluarganya, patuh terhadap suaminya, pesolek bagi suaminya, membentengi dirinya dari laki-laki lain, mau mendengar ucapan suami dan menaati perintahnya, dan bila bersendirian dengan suaminya ia pasrahkan dirinya pada kehendak suaminya, serta tidak berlaku dingin kepada suaminya.” 
(H.R. Thusy)
Istri yang shalih adalah perhiasan terindah bagi suaminya. Peran istri dalam kehidupan suami sangatlah besar. Istri yang shalih dapat membina rumah tangga sakinah dan penuh berkah. Istri seperti inilah yang menjadi dambaan setiap lelaki muslim. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar